Aula Konser di Jepang Gunkan Boneka Tradisional Setempat Untuk Bantu Sosial Distansing



Aula Teater dan Konser di Jepang telah dibuka sejak bulan Juni lalu, namun dengan tindakan pecegahan baru dimana, setiap Aula harus memastikan penerapan sosial distancing yang menyeluruh. Seperti yang di kutip dari The Asahi Shimbun, Shimotakaido Cinema di kota Sategaya Tokyo menggunakan tanda/simbol untuk menutup setiap tempat duduk guna memastikan jarak atara penonton satu dengan yang lainnya.

Sementara itu, Aula Konser di Prefecture Gifu memutuskan untuk mengakali setiap tempat duduk dengan tanda yang di laminataing memberikan suasana yang membosankan.

Namun, seperti yang di unggah oleh pengguna twitter Toyoshi Utusmi (toyoshi92) yang viral di pada 17 oktober lalu, ketika ia mengunjungi Hida Eart Wisdom Ceter di Gedung sebarguna Hida Geijutsudo, tidak ada tanda atau pun simbol maupun tanda yang digunakan untuk membatasi tempat duduk. Malahan ada pemandangan baru disana yang cukup menarik.

Mereka menggunakan sebuah boneko untuk membatasi jarak antar pengunjung satu dengan yang lain. Mereka adalah jimat berbentuk boneka tradisional setempat yang sangat terkenal dan beruhubungan dengan kota Takayama di Prefecture Gifu. Fungsi dari jimat tersebut adalah untuk melindungi serangan dari setan, kesialan, sakit, memastikan kebahagian rumah tangga, kemakmuran keluarga, dan juga persalinan yang sehat.

Nama jimat berbentuk boneka tersebut adalah Sarubobo さるぼぼ memiliki arti bayi monyet dalam dialek lokal Takyama yang mengartikan wajah merah. Juga sebuah permainan kata sejak saru 去る berarti “meninggalkan”, yang mana mengekspresikan sebuah harapan agar terhindar dari kesialan, dan, sakit. Fitur dari boneka tersebut dibiarkan kosong untuk memberikan pengungjung untuk merasakan dan membuat harapan mereka sendiri.



Sebuah hadiah yang cukup popular dari daerah setempat, mereka berbentuk jimat kecil tetapi juga dibuat dalam ukuran boneka besar. Hida Earth Wsidom Center sebagai pusat budaya lokal, mereka meminta bantuan kepada boneka yang dibuat oleh Perushaan Manufaktur Hida Sarubobo 製造 協同 組合 dan mendandani mereka dengan pakaian khusus bertuliskan "Ini adalah sebuah pencengahan dari virus!". Tentu saja, mereka juga mengunakan masker untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Jika melihat lebih dekat pada masker, akan ada nama perushaan yang tercetak di bagian bawah.

sumber: Grape

Komentar