Editor Manga Plus Shueisha Bagikan Ranking Pembaca dari Berbagai Negara



Yūta Momiyama editor Shueisha Manga+ (Manga Plus) melalui akun twitter resminya membagikan jumlah pembaca Manga Plus selama bulan September lalu. Penghitungan ini diambil dari seluruh pengguna yang mengakses, aplikasi dari seluruh negara. Momiyama juga membagikan rician mendetail, mulai dari ranking dan Negara asal pembaca.

  1. USA
  2. Thailand
  3. Indonesia
  4. Mexico
  5. Philippines
  6. Spain
  7. Malaysia
  8. Brazil
  9. Peru
  10. Germany
  11. Italy
  12. Argentina
  13. Chile
  14. Colombia
  15. France
  16. India
  17. Canada
  18. UK
  19. Vietnam
  20. Singapore




Observasi lainnya yang dilakukan Momiyama berfokus pada tingkat popularitas sebuah judul manga dimana yang sekarang belum mendapatkan tanda – tanda akan adaptasi animenya. Salah satunya adalah manga karangan Endo Tasuya, Spy x Family yang sering kali beradai di peringkat atas setiap dirilisnya chapter baru. Ia menspekulasi bahwa tingkat kekuatan kepopularitas dari sebuah manga yang dibaca secara legal akan lebih menarik ketimbang hasil bajakan (scalations).

 

Terakhir, dia juga menyebutkan bahwa setiap kali chapter baru untuk judul yang sangat populer dirilis di aplikasi, jumlah pembaca "melambung tinggi menjadi jutaan pembaca yang mengikuti platform legal" mengamati bagaimana judul populer tumbuh secara substansial dalam popularitas dengan setiap bab baru dan kemudahan akses internasional dapat membuat perbedaan yang nyata. 


sumber: Crunchyrollmomiyama2019

 

Komentar