7 Street Food yang Harus Kamu Coba Ketika Berkunjung ke Jepang


Jepang merupakan negara yang memiliki keindahan keunikanya tersendiri, mulai dari budaya, tempat wisata, gaya hidupnya, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, Jepang juga memiliki banyak beragam jenis makanan, terutama Street Foodnya.

Yatai adalah sebuah toko kecil yang bisa kamu temukan di sepanjang jalan ataupun festival-festival yang di selenggarakan di Jeapnag. Yatai menawarkan sebuah akes untuk menikmati rasa nikmati dari makan dengan harga terjangkau serta berkualitas.

Berikut adalah 7 makana Street Food Jepang yang harus coba ketika berkunjung ke Jepang!

1. Takoyaki


Siapa yang tak kenal jajanan yang satu ini? Sebuah adonan berbentuk bola, dipanggang dengan gurita kecil sebagai isiannya, ditaburi tenkasu (remahan tempura), benishoga (acar jahe) dan daun bawang. Jajanan yang berasal dari Osaka ini, di panggang dalam wajan panas, kemudian sesekali dibalik menggunakan sumpit, tontonan ini bisa kami lihat disetiap kedai yang menjual Takoyaki di Jepang. Jajanan ini paling enak disantap ketika masih panas, sedikit renyah diluar, namun lengket di dalam, dan dioleskan dengan mayones khas Jepang, saus gurih berwarna coklat yang mirip dengan Worcestershiren, aonari (rumput laut kering) dan katsuobushi (serpihan ikan bonito kering). Meskipun jajanan ini berasal dari Osaka, namun Takoyani bisa dinikmati di seluruh Jepang. Takayaki adalah jajanan yang mengenkan serta membuatmu ketagihan – tapi berhati-hatilah agar lidahmu tak terbakar!

2. Yakisoba


Tak lengkap rasanya bila festival di Jepang tak menjual Yakisoba. Makanan yang gampang dibuat serta menggunakan bahan-bahan yang standar ini, bisa kamu jumpai dimana Yatai berkumpul. Mie gandum, daging babi, sayur kol, dan daun bawang yang digoreng dalam satu wajan, kemudian diberi toping dengan benishoga, katsuobushi, aonari, dan remahan dari saus Worcestershire, mayones Jepang dan biasanya, sebutir telur. Rasanya yang sangat gurih akan memberikan daya tarik yang luas, jadi jangan lupa coba yakisoba!

3. Yakitori

Sebuah hindangan klasik khas Jepang yang tak boleh dilewatkan. Yakitori berasal dari kata Yaki (ayam) dan tori (dibakar) merupakan daging ayam tusuk yang di panggang diatas arang, bisa kamu temui hampir diseluruh penjuru Jepang. Yakitori  sendiri menggunakan bagian daging ayam seperti, paha, daging ekor, bahkan kulit, masing-masing memiliki cita rasa yang unik. Bumbu yang umum digunakan dalam yakitori adalah tare (kecap  khusus memangggang) dan shio (garam). Tak jarang wasabi, umebosi (pasta acar plum yang gurih), dan karashi (mustard khas Jepang) bisa kamu temukan di stan yakitori. Terdapat juga varian lainnya dari Yakitori seperti negima yakitori, potongan paha ayam yang juicy serta daun bawang dan tsukune (daging ayam cincang) dicapur dengan bumbu lainnya. Meskipun bahan utama yakitori adalah daging ayam, dibeberapa tempat kamu bisa menemukan yakitori dengan daging babi dan daging sapi.

4. Imagawayaki


Imagawayaki merupakan jajanan manis Jepang, terbuat dari adonan telur, tepung, gula, dan air yang ‘dipanggang’ di dalam cetakan berbentuk lingkaran. Bewarna keemasan dan bertekstur lembut yang bisa kamu makan dalam satu kali gigitan, dengan isian anko (kacang merah), cokelat, ataupun puding susu. Dinamai berdasarkan jembatan di era Edo Tokyo, tempat pertma kali dijualnya imagawayaki. Dikenal sebagai taiko manju di wiliyah Kansai.

5. Ikayaki

Mungkin bagi sebagian orang, sebuah cumi panggang yang ditusuk tak terderngar seperti jajanan yang glamor ataupun menarik. Tapi bagi chef Jepang yang ahil dalam street food telah menghadirkan konsep sederhana dari makanan ini. Cumi-cumi yang segar dan lembut dipanggang di atas arang, kemudian diberi lapisan shoyu (kecap) yang banyak dan disajikan dengan irisan lemon atau jeruk nipis. Tekstur kenyal khas daging cumi wajib kamu coba. Ikayaki adalah makanan yang lezat dan beraroma, yang cocok kamu bawa saat bepergian karena mudah dan pembuatannya hampir instan.

6. Crepes

Crepes dessert yang berasal dari Prancis ini telah disesuaikan dengan selera Jepang. Jajanan ini juga menjadi jajanan khas kaki lima yang sangat popular di Jepang. Dipopulerkan di lingkungan Harajuku, Tokyo. Crepes dibuat dari adonan yang dimasak di atas wajan, kemudian disi dengan bahan-bahan yang manis seperti whipped cream, coklat, buah, dan bahkan es krim. Setelah itu, dilipat menjadi bentuk kerucut dan dibungkus dengan paper case untuk memudahkan memakannya saat bepergian. Saat ini, crepes tak hanya dijual di Yatai saja, tapi dapat dijumpai di toko-toko yang ada di mal maupun lokasi perbelanjaan. Kami menyarakan untuk mencoba crepes klasik yang dijual di Yatai!

7. Manisan Buah

Yang terakhir adalah, sebuah jajanan klasik yang bisa kamu temui di Jepang yaitu manisan buah dengan berbagai macam varian. Mulai dari anzu ame (manisan aprikot) hingga ringo ame (manisan apel). Berbagai jenis buah dicelupkan ke dalam sirup permen, akan membuatmu untuk terus lebih dan lebih memakannya. Kamu sebaiknya menobca ichigo ame (manisan stroberi) saat puncak musim stroberi di Jepang.

Jadi itu dia jenis-jenis Street Food yang lezat dan terjangkau. Bila kamu berkunjung ke Jepang atau sedang berada di Jepang dan kamu melihat festival ataupun Yattai, belilah dan rasakan kelezatan dari makan yang murah serta kamu juga akan merasa seperti orang lokal dalam waktu singkat.


sumber: Live Japan

Komentar